Jumat, 18 Maret 2011

sehat itu mahal

Dewasa

FONDASI PERTAMA KESEHATAN - MAKAN YANG PANTAS
Bagi penyakit-penyakit yang telah kita bahas di atas, pengaruh dari penyebab internal terhadap timbulnya penyakit-penyakit kronis tersebut di atas bukanlah bersifat menentukan, ia hanya menduduki porsi 20% sedang 80%, lainnya dipengaruhi atau ditimbulkan oleh penyebab eksternal. Maka dari itu, penyakit-penyakit kronis tersebut dapat dikendalikan oleh faktor eksternal melalui gaya hidup ilmiah dan sehat untuk mengurangi sakit. Kunci hidup sehat berada pada tangan kita sendiri!
Faktor eksternal dapat disimpulkan dalam 4 kalimat, yakni:
1.Makan yang pantas.
2.Berolahraga dengan takaran yang pas.
3.Tidak merokok dan batasi alkohol.
4.Mental batin tenang seimbang.
Terlebih dahulu mari kita bahas fondasi pertama dari kesehatan: Makan yang pantas. Cara makan yang pantas adalah sangat penting, sebaba makan yang pantas dapat membuat anda tidak gemuk tapi juga tidak kurus, kolesterol tidak tinggi tapi juga tidak rendah, kekentalan darah tidak kental tapi juga tidak encer.
Apa dan bagaimana menjalankan makan yang pantas? Cukup dengan 2 kalimat: kalimat pertama: satu, dua, tiga, empat, dan lima. Kalimat kedua adalah merah, kuning, hijau, putih, dan hitam. Ingatlah bahwa 2 kalimat tersebut diatas adalah cara makan yang ilmiah dan pantas!
Kita mulai dengan kata pertama dari kalimat pertama: SATU, apa yang dimaksud dengan”satu”? Setap hari minumlah satu kantung susu sapi! Menu makan orang-orang Tionghoa memang cukup bagus, tapi sering kekurangan kalsium. Terdapat 99% orang Tionghoa yang kekurangan kalsium. Apa akibat kekurangan kalsium? Ada 3 akibat: pertama : sakit pada tulang ( keropos ). Orang yang kekurangan kalsium akan menderita keropos tulang, punggung sakit, pinggang sakit, lutut sakit, sakit pada sekujur badan. Kedua : punggung kura-kura ( bungkuk ), makin tua makin bungkuk, makin tua badan makin ciut. Yang ketiga : patah tulang. Sekali terjatuh, tulang-tulang langsung patah. Kasus seperti ini banyak kita temui. Jadi kekurangan kalsium menimbulkan ketiga jenis penyakit yang berhubungan dengan tulang. Mengapa sampai terjadi kekurangan kalsium? Sebab setiap manusia setiap hari membutuhkan 800mg kalsium, sedang makanan yang kita santap hanya terdapat 500mg kalsium, kekurangan 300mg kalsium. Lantas apa yang kita lakukan? Persis 1 kantung susu sapi sebanyak 200cc mengantung 300mg kalsium. Jadi dengan meminum 1 kantung susu kita dapat menombok kekurangan kalsium pada tubuh kita setiap hari.
Sejak kapan susu sapi harus mulai diminum? Mulai dari usia 1 tahun sampai sepanjang hayat. Kita banyak melihat orang-orang kulit putih fisiknya tinggi besar dan sehat, antara lain karena mereka terbiasa minum susu setiap hari. Contoh paling klasik adalah orang Jepang, ketika mereka meletuskan Perang Dunia II, dengan menginvasi Tiongkok. Sedadu Jepang yang mengakgresi Tiongkok berbadan pendek sehingga disebut “ SMALL JAPANESE”. Tapi sekarang fisik orang Jepang sudah banyak berubah! Pada usia yang sama, anak-anak Jepang lebih tinggi fisiknya ketimbang anak-anak di Beijing. Mengapa bisa demikian? Tiada lain, sangat sederhana saja, setelah Perang Dunia II, Pemerintah Jepang setiap hari memberi cuma-Cuma kepada setiap siswa SD dan SMP nya satu kantung susu sapi! Sangat simpel bukan? Hanya dengan satu kantung susu, orang Jepang generasi demi generasi menjadi semakin tinggi melampaui orang Tiongkok, sehingga di Jepang ada sebuah pameo yang mengatakan bahwa “ satu kantung susu membangkitkan sebuah bangsa”.
Sebuah panti yatim piatu di Inggris pernah melakukan research khusus terhadap anak-anak asuhannya. Dibentuklah 2 kelompok anak: Kelompok A tiap hari menu makannya ditambah dengan 1 kantung susu sapi, sedang kelompok B tidak diberi susu sapi. Hasilnya ketika usia anak-anak tersebut mencapai 15 tahun, saat-saat mereka menjalankan pelatihan-pelatihan terakhir untuk meninggalkan Panti Asuhan, ternyata banwa anak-anak kelompok A yang setiap hari minum susu, tinggi badannya rata-rata lebih tinggi 2,8 cm dibanding anak-anak kelompok B. Yang lebih penting adalah bahwa anak-anak kelompok A, kulit mereka lebih halus, mata dan rambut berkilau, pertumbuhan otot-ototnya subur, dan juga lebih pintar. Nah, para orang tua angkat yang datang ke Panti untuk memilih anak angkat, ternyata hampir semua memilih anak-anak dari kelompok A. Dapat kita simak disini betapa perbedaan yang ditimbulkan oleh sekantung susu! Tinggi, berat badan dan kecerdasan anak nyata berbeda akibat 1 kantung susu setiap hari.
Bila anda minum 2 kantung susu setiap hari, maka perbedaan tinggi fisik bisa lebih kentara dan mencapai 4,8cm. Kapan waktu yang tepat untuk minum susu? Sebelum tidur minum susu, karena fisik anak-anak biasanya tumbuh pada malam hari, di kala tidur hormon pertumbuhan biasa tersebar keluar, Jadi sebelum tidur meminum satu kantung susu ditambah 1 tablet vitamin c (250mg) dan 1 tablet vitamin B Complex, maka anak ini bukan saja akan tumbuh tinggi, berat badan cukup, antibodi bagus, jauh dari penyakit flu, infeksi tenggorokan, infeksi paru-paru, demam, dan lainnya. Jadi 1 kantung susu sapi ditambah vitamin C dan B Complex cukup membuat anak sehat selalu.
Banyak orang-orang tua jaman sekarang di RRC yang sangat kaya dan hanya beranak tunggal. Mereka memanjakan anak tunggal mereka dengan makanan-makanan langka yang diyakini bergizi tinggi seperti sarang burung walet, kolesom, ginseng, royal jelly dan lain-lain yang berharga luar biasa mahalnya. Padahal dengan 1 kantung susu sapi, vitamin C dan B Complex sudah cukup.
Juga banyak orang tiongkok yang tidak bisa minum susu sapi, setiap kali minum susu langsung mencret, OK , anda bisa menggantinya dengan YOGURT. Lalu bagaimana kalau tidak suka minum yogurt? Ya, anda boleh ganti minum susu kacang kedele, tapi harus ingat kandungan kalsium pada susu kacang hanya separuh dari susu sapi, oleh karenanya anda harus minum  2 kantung susu kacang tiap hari. Kalau anda tidak senang minum susu sapi, juga enggan minum yogurt dan susu kacang, ini berarti bahwa anda sedang menyambut penyakit dan kematian! Mengapa demikian?
“Hidup Sehat adalah masalah anda sendiri. Di hadapan hukum kesehatan, setiap orang diperlakukan sama. Bila anda mengikuti hukum-hukum tentang Gaya Hidup Sehat, maka Anda akan selamat sepanjang hayat, bila nada menentang/melawan hukum-hukum tersebut, maka anda pasti akan celaka”. Walau anda seorang kaisar sekalipun, maka bila melawan hukum kesehatan, Kaisarpun bisa saja mati lebih cepat dari rakyat biasa! Dia hadapan Hukum Kesehatan, setiap orang diperlakukan sama, sama sekali tidak dipengaruhi oleh harta kekayaan atau jabatan yang disandangnya.
Di Rumah Sakit tempat saya bertugas, pernah merawat seorang Billioner, presiden dari beberapa perusahaan yang pada usia 38 tahun sudah menderita Myocardial Necrosis gawat, juga dinding jantungnya sangat tipis! Suatu hari ia mengeluh kepada saya “ Prof.Hung, saya mohon tanya satu hal mengapa Tuhan memperlakukan aku demikian tidak adil mengapa orang lain tidak menderita sakit seperti saya ini? Kenapa saya pada usia 38 tahun sudah kena penyakit-penyakit terkutuk ini? Saya kok bernasib begini sial?” Saya menjawabnya: “ Menurut pendapat saya, Tuhan itu paling adil, dalam kehidupan duniawi memang banyak ditemui hal-hal yang tidak adil, akan tetapi Tuhan adalah Maha Adil”. Lantas mengapa engkau bisa menderita penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar